Berolahraga secara teratur penting bagi tubuh kita. Menurut para ahli, fitness atau olahraga di gym lebih dari sekadar aktivitas fisik biasa. Jenis olahraga ini lebih spesifik karena sebagian besar gerakannya lebih terencana dan terarah atau memiliki ritme.

1. Sebagai Pemangkas Obesitas

Cara terbaik untuk memangkas obesitas adalah dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Fitness bisa menjadi salah satu temanmu dalam membakar kalori dan mengurangi berat badan.

Namun ada yang harus diingat, penderita obesitas sebaiknya tidak langsung terjun dan melakukan olahraga yang berat. Langkah ini bisa malah merugikan.

Kelebihan berat badan yang ekstrem membebani kinerja tubuh, termasuk jantung, sendi, serta tulang. Bila memilih jenis olahraga yang terlalu berat, cidera mungkin saja mengintai penderita.

Sangat dianjurkan untuk menjalani olahraga secara bertahap. Mulailah dari yang ringan terlebih dulu karena menurunkan berat badan membutuhkan proses. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter guna mengetahui jenis olahraga apa yang paling pas.

2. Mencegah Berbagai Penyakit

Olahraga teratur akan meningkatkan kolestrol  baik (HDL) dan menurunkan trigliserida dalam tubuhmu. Sebagai manfaatnya, risiko dari berbagai penyakit pun bisa dijauhi.

Tidak hanya itu, rutin berolahraga juga bisa membantumu menjaga dan mengendalikan penyakit yang sudah kamu derita, misalnya tekanan darah tinggi, stroke, diabetes tipe 2, dan banyak lagi.

3. Demi Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Normalnya, waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam. Kurang tidur tentu akan berdampak pada energimu untuk menjalani aktivitas di keesokan hari.

Olahraga secara teratur akan menguras energimu. Proses ini kemudian memicu respons tubuh untuk memulihkannya selama kamu tidur.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa olahraga setidaknya selama 2,5 jam per minggu dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang hingga 65 persen.

4. Membantu Menghilangkan Stres

Sementara beban pekerjaan terus menghujam pikiran, rasa jenuh akan terus tertimbun dalam tubuh kita. Fitness dan aktif berolahraga adalah salah satu cara yang baik untuk menyalurkannya.

Olahraga, termasuk aerobik, bersepeda, berenang, dan banyak lagi, dapat mengendurkan otot yang tegang dan memicu tubuh untuk melepaskan hormon endorfin. Hormon ini akan membuatmu merasa tenang, nyaman, dan bahagia.

Oleh karena itu, depresi dan stres pun otomatis akan berkurang. Demikian pula dengan stres jangka panjang yang menderamu.

 

Dengan mengetahui manfaat fitness dan olahraga secara teratur, niscaya kamu akan lebih bersemangat untuk melakukannya. Jangan biarkan tubuhmu kurang gerak karena bisa saja ada berbagai penyakit yang mengincarnya.

Ketika ika tubuh kita terasa bugar, keleluasaan beraktivitas dan kepercayaan dirimu turut akan turut meningkat. Nah, tunggu apa lagi? Ayo mulai atur jadwal fitness untuk menuju hidup yang lebih baik!

 

sumber: www.dokterbabe.com

Ada yang bisa dibantu?