Jika menurunkan berat badan adalah tujuan utama Anda pergi ke gym, maka empat mesin latihan berikut tak boleh Anda lewatkan.

1. Treadmill.

Mesin ini hampir pasti merupakan alat wajib yang ada di semua gym. Memiliki pengaturan khusus untuk semua level pembakaran kalori, dan bisa digunakan untuk berjalan atau berlari. “Berlatih menggunakan treadmill adalah cara tepat untuk membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan,” kata Colin Westerman, personal trainer dan pemilik F.I.T. by Colin Personal Training di Vancouver, Kanada, seperti dikutip oleh Best Health Magazine.

Ada satu trik untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menggunakan treadmill. “Anda harus menanggung berat badan Anda,” kata Colin. Artinya, saat menggunakan treadmill, Anda harus melepaskan pegangan tangan Anda. Ingin mempercepat pembakaran kalori? Anda harus terus meningkatkan kecepatan tanpa beristirahat.

2. Stationary Bike.

Sepeda statis juga alat latihan yang paling mudah ditemukan di gym. Namun jenis sepeda statis yang bagus untuk program penurunan berat badan biasanya ditemukan di kelas latihan berkelompok.  Ya! Pengaturan sepeda statis untuk individual dan kelompok memang biasanya berbeda.

“Tempat duduk dan pengangan tangan biasanya lebih tinggi, pedal bisa dikayuh ke depan dan belakang, pokoknya sepeda ini didesain pas dengan posisi penggunanya,” kata Krista Popowych, fitness expert asal Vancouver, Kanada, dan Master Trainer di Keiser, perusahaan yang memproduksi sepeda statis. “Semakin pas posisi pengguna, semakin nyaman dia menggunakan sepeda dan akhirnya semakin nyaman pula dia berlatih.”

3. Rowing Machine.

Alat ini digunakan dengan cara duduk, kaki dijulurkan lurus ke depan, kedua tangan memegang pegangan bertali yang ada di depan dan terhubung dengan beban. Tugas Anda adalah menarik beban tersebut  hingga lengan bergerak ke belakang.

Banyak yang mengira bahwa mesin ini hanya untuk melatih otot lengan dan punggung. Kenyataannya, rowing machine juga merupakan alat kardio. “Saat menggunakan alat ini Anda membutuhkan 80% kekuatan otot,” kata Osh Crosby, trainer dan pendiri
Indo-Row di Los Angeles, AS. “Artinya, Anda membutuhkan lebih banyak kalori.”

4. Stepmill.

Mirip treadmill, namun berbentuk tangga berjalan. Anda berkerja melawan gravitasi sehingga alat ini cukup sulit untuk digunakan namun memiliki efek ampuh untuk pembakaran kalori,” kata Colin.

Anda diminta melakukan gerakan seperti menaiki tangga dengan menggerakan kaki Anda ke atas pada pijakan berikut sambil membiarkan mesin bergerak berlawanan arah.

sumber :http://www.readersdigest.co.id