Biasanya tumpukan lemak di punggung jarang disadari. Namun perempuan baru menyadarinya saat tumpukan lemak ini mengganggu penampilan ketika mengenakan busana yang pas di badan atau busana yang memperlihatkan bagian punggung.

Solusinya adalah melakukan gerakan olahraga yang menyasar otot punggung. Tak hanya itu, olahraga punggung ini biasanya juga ampuh mengencangkan otot tubuh lainnya. Maka tak ada salahnya mencoba gerakan-gerakan membakar lemak di punggung ini.

Bird dog 

Gerakan ini bermanfaat memperbaiki postur tubuh dan juga membakar lemak di area punggung. Mulailah dengan posisi merangkak, dengan lutut menyentuh lantai dan terbuka selebar pinggul, kedua telapak tangan menyentuh lantai dan terbuka selebar bahu. Luruskan punggung, angkat tangan kiri dan kaki kanan hingga sejajar punggung. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan kembali ke posisi merangkak. Ulangi gerakan yang sama dengan tangan kanan dan kaki kiri. Lakukan masing-masing 10-12 kali.

Cross jack 

Cross jack cocok untuk Anda yang hobi dengan gerakan dinamis. Gerakan melompat pada cross jack melatih otot jantung dan juga mengencangkan otot punggung. Gerakan ini modifikasi jumping jack, gerakan melompat dengan membuka dan menutup kedua kaki yang diikuti kedua tangan di sisi tubuh mengayun ke atas kepala. Bedanya, kedua kaki melompat menutup dalam posisi menyilang. Selain itu kedua tangan mengayun menyilang di depan dada ketika kedua kaki menyilang dan direntangkan ke samping ketika kedua kaki membuka. Lakukan cross jack sebanyak mungkin selama 30 detik.

Cat cow pose

Gerakan ini disebut paket lengkap karena melatih seluruh otot punggung sampai area bahu, dada, dan pinggul. Awali dengan posisi merangkak, dengan kedua lutut dan telapak tangan menyentuh lantai. Angkat kepala sambil menarik napas perlahan. Saat yang sama, dorong punggung ke arah bawah hingga membentuk huruf U. Tahan posisi ini beberapa detik. Lalu buang napas sambil menurunkan kepala dan tarik otot perut ke arah dalam hingga tubuh terdorong membentuk huruf U terbalik. Ulangi gerakan ini hingga 20 kali.

Serving tray

Membakar lemak di punggung atas bisa dilakukan lewat gerakan ini. Dengan menggenggam barbel seberat 1-2 kilo gram pada kedua tangan, mulailah dengan berdiri tegak. Buka kaki selebar bahu. Tekuk siku ke arah depan tubuh dan genggam barbel dengan kepalan tangan menghadap ke atas. Gerakkan kedua tangan ke arah sisi tubuh. Dekatkan tangan kanan dengan sisi kanan tubuh dan tangan kiri dengan sisi kiri tubuh hingga kedua tangan sejajar perut. Posisikan tangan kembali ke arah depan tubuh. Ulangi sampai 30 kali. Agar lebih menantang, angkat satu kaki sambil melakukan gerakan ini.

superman pose

Tampak sederhana, gerakan ini ampuh mengikis lemak, juga mengencangkan otot bokong dan otot paha. Awali dengan posisi telungkup di atas matras senam. Buka kedua kaki selebar pinggul. Rentangkan kedua tangan ke depan dan buka selebar bahu, angkat tangan kanan dan kaki kiri bersamaan. Ikuti pula dengan gerakan mengangkat kepala sekitar 8 centi meter di atas tanah. Tarik otot perut dan otot bokong ke arah dalam. Tahan posisi ini 3 detik dan kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan yang sama dengan tangan kiri dan kaki kanan. Lakukan gerakan ini 10 kali pada masing-masing tangan dan kaki.

Runner 

Gerakan yang mirip pose berlari ini pas untuk Anda karena menyasar otot perut, paha, bokong dan punggung. Berdiri tegak dan angkat lutut kanan hingga berada di depan dada. Saat yang sama, tekuk siku kiri hingga 90 derajat di depan dada. Gantung lengan kanan di belakang tubuh. Lalu, ayunkan kaki kanan dan siku kiri ke belakang sembari mencondongkan tubuh ke depan. Posisikan kaki kanan menekuk di belakang tubuh, kepala sedikit menunduk, dan telapak tangan kanan di depan wajah dengan siku tertekuk. Ulangi hingga 10 kali. Lalu ganti kaki dan tangan, ulangi juga 10 kali.

sumber:www.cantik.tempo.co