Mungkin Anda kenal dengan orang yang jarang sakit. Ia terlihat selalu sehat dan segar setiap saat, meski teman-temannya dan Anda yang berada di sekitarnya sedang dilanda sakit, entah itu flu atau batuk. Dia tetap terlihat baik-baik saja, bahkan ia tidak mengalami flu yang biasanya menular dengan sangat mudah dan cepat.

Wajar jika Anda iri dengan orang-orang yang seperti itu. Namun tenang saja, Anda pun bisa sepertinya, berikut adalah beberapa tips agar Anda jarang sakit.

Rahasia jarang sakit

1. Bergerak aktif

Mudah saja, salah satu rahasia mengapa seseorang bisa jarang sakit adalah dengan cara menjaga kebugaran badannya setiap hari. tentu saja dengan cara melakukan olahraga dengan rutin dan menjauhkan diri dari gaya hidup sedentari.

Tubuh Anda akan memiliki sistem kekebalan yang sangat kuat karena terus Anda latih dengan olahraga rutin. Ketika Anda aktif dan berolahraga rutin, jumlah sel-sel darah putih yang berfungsi untuk melawan segala penyakit  akan meningkat. Selain itu, olahraga juga mampu menjauhkan Anda dari stres, yang tentu saja bisa membuat Anda sakit dengan mudah.

2. Selalu cuci tangan yang bersih

Tahukah Anda bahwa telapak tangan merupakan area tubuh yang cukup banyak ditumbuhi bakteri, parasit, dan jamur? Apalagi, ujung-ujung jari tangan Anda adalah rumah terbaik untuk bakteri. lalu seberapa sering Anda menyentuh muka, makanan, atau minuman Anda langsung dengan tangan tanpa mencucinya terlebih dahulu?

Center for Disease Control menganjurkan untuk mencuci tangan sering dengan sabun dan air hangat yang mengalir selama minimal 20 detik. Hanya mencuci tangan saja yang akan menghilangkan semua kuman di tangan Anda, sementara pembersih tangan (hand sanitizer) hanya akan membunuh 60% kuman.

3. Tidur malam yang cukup

Berapa lama waktu tidur Anda setiap malam? Jika kurang dari 7 jam, maka jangan heran Anda sering diserang berbagai penyakit. Berbagai penelitian telah membuktikan jika tidur yang cukup atau lebih dari 7 jam untuk orang dewasa, berpengaruh terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat tentu akan membuat Anda jarang sakit.

4. Rajin makan sayur dan buah

Makanan yang Anda makan sangat menentukan status kesehatan Anda. Jika mau jarang sakit, maka Anda harus memilh-milih makanan sehat yang mengandung banyak zat gizi. Makanan yang mengandung vitamin dan mineral adalah salah satu makanan andalan untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda. Sumber makanan yang mengandung vitamin dan mineral adalah sayur dan buah-buahan.

5. Menghindari stress

Stres bisa jadi sumber dari penyakit Anda. Orang yang jarang sakit cenderung lebih mampu untuk mengendalikan emosi dan menekan stresnya, sehingga ia akan terhindar dari depresi. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa orang yang stres berpotensi untuk mengalami berbagai penyakit lebih sering ketimbang yang jarang mengalami stres. Intinya, Anda harus bisa mengelola emosi dan berpikir positif.

6. Bagi pasangan suami-istri, rutin melakukan hubungan seksual

Melakukan hubungan seksual yang rutin dengan pasangan bukan hanya dapat membuat mood Anda menjadi baik, tetapi hal ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda jarang sakit. Disebutkan dalam suatu penelitian, hubungan seksual bersama pasangan dapat menaikkan jumlah Imunoglobulin A (IgA), yaitu suatu komponen sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dalam melawan berbagai zat asing dan penyakit yang menyerang.

 

sumber : https://hellosehat.com/rahasia-jarang-sakit/