Terserang pilek, tetapi Anda tetap ingin berolahraga. Apakah bisa berolahraga saat sakit atau tidak? Jawabannya tergantung pada informasi yang diberikan oleh tubuh Anda.

Olahraga atau tidak? Seseorang yang terserang pilek sering ajukan pertanyaan tersebut. Olahraga seperti lari, kelas salsa, barangkali baik jika dilakukan pada hari biasa. Namun, saat tubuh Anda dalam kondisi tidak sehat, terserang batuk atau pilek, tampaknya olahraga bukan ide baik.

Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah tetap fleksibel dengan latihan rutin Anda.


Flu dan olahraga

“Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang terserang flu, dia masih tetap aman untuk berolahraga,” kata Leah Mooshil Durst, asisten di Loyola University Medical Center.

“Tidak ada perbedaan dalam bagaimana tubuh merespons olahraga ketika melawan virus flu. Beberapa peserta dalam penelitian mengatakan mereka merasa lebih baik ketika berolahraga saat sedang flu. Namun, tidak membantu flu jadi lebih cepat sembuh.”

Spesialis penyakit menular Catherine Liu, profesor kedokteran klinis di divisi penyakit menular Universitas California, San Fransisco, setuju akan hal itu.

“Berolahraga ketika pilek atau flu tidak menyebabkan komplikasi jika Anda tidak memiliki masalah medis lainnya,” kata Liu seperti dilansir dalam laman Natural Health.

Namun, ketika Anda memiliki kondisi medis yang mendasari, seperti asma, penyakit jantung, atau penyakit medis lainnya, sebaiknya periksakan dulu ke dokter. Sebab, olahraga dapat memperburuk masalah medis yang mendasari.”

Olahraga ringan tidak akan memperpanjang penyakit atau membuat gejalanya lebih buruk. Namun, tidak juga membuat penyakit Anda jadi lebih baik.

Salah satu manfaat berolahraga saat flu, jika Anda biasanya cukup cairan, berolahraga dapat membuka hidung buntu karena pilek,” kata Liu. Meski demikan, hidung mampet Anda akan makin parah jika Anda kekurangan cairan.

Kapan berolahraga saat flu?

“Ketika Anda sakit, hal terpenting untuk dilakukan adalah mendengarkan tubuh Anda sendiri,” saran Liu. Anda dapat berolahraga jika:

– Anda ingin mendapatkan energi
– Gejala sakit ringan, seperti pilek
– Anda sudah terbebas dari demam selama 24 jam

Kapan sebaiknya Anda tidak berolahraga?

Hindari olahraga ketika:

– Anda sedang demam
– Tubuh Anda terasa nyeri
– Anda sedang batuk
– Anda memiliki gejala flu, seperti muntah, diare, atau ruam
– Anda terserang flu bersama gejala kesehatan kronis, seperti penyakit jantung atau asma.

“Berkeringat tidak membantu untuk menyingkirkan flu,” katanya. “Istirahat dan tetap terhidrasi dengan minum cairan adalah yang utama untuk membantu Anda menjadi lebih baik.” ujar Liu.

sumber: www.cnnindonesia.com