MEMBAKAR lemak di tubuh – terutama pada bagian perut – jelas bukan perkara mudah. Karenanya, tubuh Anda membutuhkan bantuan agar dapat meluruhkan lemak dengan lancar. Melakukan perubahan sederhana dalam rutinitas harian Anda menjadi salah satu cara yang wajib dicoba. Buatlah hari Anda lebih aktif dengan cara berikut ini.

 

06:00 – Minum air

Menurut jurnal Nature, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik tidak hanya meningkatkan kinerja fisik dan mental, namun juga berefek langsung sebesar 35% untuk membakar lemak. Perlu lebih banyak alasan? Sebuah penelitian di Jerman mengatakan minum juga memicu jalur metabolisme di otak Anda yang menjadi dasar pertumbuhan otot dan membantu pemulihan. Hal ini juga dibenarkan oleh dr. Fiastuti Widtjaksana, Sp.GK, dokter ahli gizi FKUI/RSCM, Jakarta. “Agar lebih efektif, tambahkan beberapa irisan lemon ke dalam air mineral Anda. Lemon memiliki kandungan serat pektintinggi yang berguna meningkatkan metabolisme. Selain itu, ketika dicerna, perasan lemon berubah menjadi jel lengket yang mencegah perut Anda menyerap gula terlalu cepat sepanjang hari,” terangnya.

 

07:00 – Sarapan Proposional

Kata siapa diet tidak boleh mengonsumsi karbohidrat? Boleh saja, malah karbohidrat saat diperlukan untuk memberikan energi Anda seharian. Yang perlu diperhatikan adalah porsi dan kandungan indeks glikemiknya. Alih-alih memilih nasi atau roti putih, lebih bijak jika Anda menggantinya dengan oatmealatau roti gandum. Tambahkan protein di dalamnya, seperti telur atau dada ayam, dan juga sayuran, seperti selada dan tomat. Menu sarapan ini akan membuat Anda lebih siap menjalani hari Anda. ”Kebutuhan kalori total adalah sekitar 2000 kalori. Artinya, sepertiga dari jumlah kebutuhan kalori itu, atau sekitar 660 kalori, harus terpenuhi saat sarapan. Hal ini juga mencegah Anda makan siang lebih banyak,” papar dr. Fias.

 

08:00 – Bersantai

Perjalanan Anda ke kantor memerlukan energi dan menjadi perjuangan tersendiri. Kemacetan jalan dan cuaca yang tidak menentu akan meningkatkan kadar stres. Penelitian dari Deakin University di Australia telah menunjukkan bahwa stres akut dapat meningkatkan dorongan untuk mengkonsumsi makanan bergula dan berlemak. Oleh karena itu, buatlah perjalanan Anda senyaman mungkin. Berangkat lebih pagi dan menikmati perjalanan Anda sambil ditemani musik kesukaan Anda akan mensikronisasi otak dengan jantung sehingga menjadi lebih tenang.

 

10:00 – Saatnya Peregangan

Alasan lain yang menjadi awal dari penumpukan lemak tubuh adalah kebiasaan duduk berjam-jam di depan komputer. Penelitian yang dirilis dalam The American Journal of Clinical Nutrition menuliskan bahwa terlalu lama duduk akan membuat tubuh berhenti memproduksi enzim lipaseyang berfungsi menghambat lemak. Jadi, berdiri dan lakukan peregangan setiap satu jam sekali karena itu akan meningkatkan metabolisme hingga 13 persen.

 

12:00 – Makan Siang

Jangan lewatkan kesempatan makan siang. Ini adalah saat bagi tubuh untuk mengisi kembali bahan bakar untuk beraktivitas di sisa hari ke depan – termasuk untuk latihan sore hari ini. Karenanya, untuk menu makan siang, Anda bisa mengonsumsi makanan berkabohidrat. Menurut dr. Fias, Anda tetap perlu mengonsumsi karbohidrat. Solusinya, tambahkan protein setiap kali Anda mengonsumsi karbohidrat untuk mengurangi efek merugikan dari karbohidrat tersebut. “Anda bisa mencobanya dengan satu porsi nasi merah yang dikombinasikan dengan dada ayam tanpa kulit sebagai makanan berat,” ujarnya.

 

16:00 – Camilan Sore

Setelah berolahraga, tubuh kembali membutuhkan bahan bakar. “Camilan makanan yang rendah indeks glikemik adalah pilihan tepat, seperti dua potong roti gandum dengan selai kacang,” terang dr. Fias.

 

17:00 – Latihan

Gunakan waktu seefektif mungkin di sela-sela kesibukan Anda untuk membakar lemak sekaligus membentuk otot. Anda bisa memperoleh manfaat keduanya dengan melakukan latihan Sirkuit Finisher. Menurut Journal of Strength And Conditioning Research,latihan ini akan menempa tubuh bagian atas dan bawah, sekaligus mendongkrak proses pembakaran lemak oleh tubuh pada level metabolic. Latihan ini merupakan kombinasi dari 3 kali pull up, 5 kali push up, dan 7 kali squat yang dilakukan sebanyak mungkin dalam durasi lima menit.

 

19:00 – Makan Malam

Banyak kesalahpahaman yang menyatakan bahwa seseorang harus melewatkan makan malam saat melakukan program diet. Menurut jurnal Obesity, makan malam dengan sedikit karbohidrat justru akan menurunkan level lemak tubuh dan memberi rasa nyaman. Namun, hindari makan malam sambil menonton TV. “Ketika Anda menonton TV sambil makan, tentu pikiran Anda akan terpecah dan secara tidak sadar akan makan lebih banyak,” jelas dr. Fias. Selesai makan, makanlah buah jeruk. “Jeruk berfungsi untuk memperbaiki dan menjaga sistem metabolisme tubuh agar berfungsi secara maksimal. Fungsi metabolisme tubuh yang baik dapat mempercepat pembakaran pada lemak,” ungkap dr. Fias.

 

21:00 – Minum Air Putih

Minum satu gelas air hangat sebelum tidur, adalah yang paling efektif dalam menurunkan berat badan. “Minum segelas air sebelum tidur dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan. Asupan air pada malam hari meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membakar kalori ekstra dari dalam, dan dengan demikian menurunkan berat badan,” ujar dr. Fias. Bonusnya, air putih akan membantu Anda melakukan detoksifikasi. Minum segelas air saat tidur, membersihkan sistem pencernaan dan kandung kemih sehingga membilas racun dan membersihkan urin.

 

22:00 – Tidur Berkualitas

Tinggalkan semua pekerjaan, saatnya Anda tidur nyenyak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Harvard University, ketika orang mengalami kurang tidur, kalori yang dibakar setelah makan akan lebih sedikit. Tubuh mereka juga akan merasa lemah karena energi akan berkurang lima persen. “Kurang tidur juga mempengaruhi tingkat hormon ghrelin, yang berfungsi untuk memberitahu Anda untuk makan. Ghrelinmeninggi bila Anda kurang tidur dan hasrat ingin makan pun meninggi,” jelas dr. Fias.

Sumber : http://www.fitnessformen.co.id/article/11/2017/4851-Cara-Cepat-Buang-di-Lemak-diPerut-Anda