GODAAN terberat saat diet bukanlah makanan besar yang mengenyangkan, tapi justru camilan kecil yang akan menggoda Anda untuk terus melahapnya. Saat melahapnya, Anda akan membenarkan diri bahwa camilan itu hanya mengandung beberapa kalori. Dari sinilah kesalahan terbesar diet Anda dimulai.

Tandai apa saja camilan penggoda itu. Kami, bersama dr. Inge Permadhi, MS, Sp.GK, Spesialis Gizi Klinik dari FKUI/RSCM, akan membantu Anda untuk mencari solusi yang bisa menjadi kompensasi.
>Es krim
Kombinasi sensai dingin, lembut, dan manis membuat godaan es krim hampir tak mungkin untuk ditolak. Setelah akhirnya tergoda melahapnya – walau hanya seporsi, Anda harus berurusan dengan 230 kalori plus rasa bersalah.
Kompensasi: Setengah cangkir es krim tipe slow churned yang memiliki sedikit lemak dan kalorinya hanya setengah es krim biasa dengan porsi sama.

>Keripik kentang
Kombinasi rasa asin dan renyah membuat keripik kentang adalah daya tarik utama makanan ini. Anda tergoda? Jika iya, maka Anda akan menanggung dosa diet sebesar 150 kalori (kemasan 1 ons) dan 1.230 kalori (kemasan 8 ons).
Kompensasi: Camil seledri atau wortel dengan kombinasi hummus yang memuaskan hasrat ngemil Anda dengan kalori minimal dan nutrisi maksimal.

>Cokelat
Cokelat batangan selalu dicampur susu dan mempunyai kadar gula tinggi. Hasilnya, ratusan kalori ekstra dalam tubuh.
Kompensasi: Pilih dark chocolate yang tinggi akan kandungan cocoa. Cokelat ini mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan dengan milk chocolate. Satu lagi keuntungannya, yaitu menjaga kesehatan jantung Anda.

>Popcorn
Tak lengkap nonton film tanpa ditemani popcorn. Tapi ingat konsekuensinya, popcorn yang biasa dijual di bioskop terlalu banyak campurannya, seperti minyak kelapa atau saus mentega. Hasilnya: 400 sampai 1.200 kalori per bak! 
Kompensasi: Pilih popcorn tanpa tambahan saus mentega atau perasa lainnya.
>Donat
Jika Anda sedang diet, donat adalah makanan terlarang. Ironisnya, semakin makanan ini dilarang, semakin memicu hasrat. Padahal, donat hanya akan memberikan Anda tambahan kalori tanpa menawarkan gizi yang seimbang.

Kompensasi: Roti gandum dengan selai kacang.