TRIATLON adalah kompetisi daya tahan yang akan menantang kemampuan Anda di tiga medan – lari, berenang, dan bersepeda. Rata-rata pria memiliki kelemahan di satu atau dua medan tersebut, dan cukup bagus di satu atau dua medan lainnya. Bila kelemahan Anda adalah pada sesi berenang, pelajari trik-trik yang telah kami sarikan dari pengalaman banyak atlet triatlon ini.

Fokus pada 100 meter pertama
Cobalah untuk memikirkan hanya 100 meter pertama dari garis start. Jangan berenang terburu-buru atau terlalu cepat. Itu hanya akan menghabiskan persediaan oksigen Anda. Bila itu terjadi, Anda akan kehabisan napas di tengah jalan dan terserang panik. Mulailah dengan hati-hati dan mulai tingkatkan kecepatan Anda pada 100m berikutnya.

Jangan terlalu sering mengangkat kepala
Angkat kepala Anda dari air dengan cepat dan teratur setiap 12-20 kayuhan. Cobalah berenang di kolam renang dengan mata terturup tanpa menyentuh batas lintasan. Kemampuan Anda akan semakin bertambah dan ini akan melatih Anda menjadi perenang yang lebih cepat di perairan terbuka karena Anda tidak perlu mengangkat kepala ke atas terlalu sering.

Kayuh dengan mantap
Gerakan menendang menghasilkan sekitar lima persen tenaga penggerak bagi pemula. Jadi jika Anda menggerakkan kaki terlalu cepat, itu hanya akan membuang energi dan hanya memberikan manfaat yang sedikit. Ayunkan kaki Anda dalam gerakan menendang yang mantap ketika berenang, gunakan juga kekuatan dari pinggang untuk menjaga keseimbangan di air. Dalam triatlon yang sesungguhnya, Anda bisa menggerakkan kaki Anda lebih cepat di 100m terakhir sebagai pemanasan sebelum Anda mengayuh sepeda.

Menembus air dengan cerdik
Di kolam renang pasti Anda tidak sendirian. Simulasikan orang-orang paling tangguh di kolam renang tersebut seperti kompetitor Anda dalam triatlon yang sesungguhnya. Berenang tanpa memecah permukaan air – biarkan hal tersebut menjadi pekerjaan kompetitor Anda – dapat menghemat tenaga sampai 20 persen. Jadi berenanglah di belakang pria tangguh yang Anda bayangkan sebagai kompetitor Anda, tapi jangan terlalu dekat dengan kakinya agar tidak tertendang. Berenanglah di sampingnya, agak di belakang, sekitar sebatas pinggang kompetitor Anda.

Berputarlah seperti kayak
Sesi renang dalam triatlon tidak dilakukan di kolam renang. Jadi simulasikan pada cara Anda berenang, meskipun Anda berlatih di kolam renang. Ketika akan berputar melewati pembatas arena renang, pelankan ayunan Anda menjelang dinding pembatas. Jika Anda berputar ke sisi kiri, pendekkan ayunan tangan kiri Anda dan lakukan lebih banyak ayunan di bagian kanan, seperti sedang membelokkan kayak.

treadmill manual elektrik sepeda statis alat fitness olahraga fitnes lari

Ada yang bisa dibantu?