Apakah latihan olahraga yang Anda lakukan setiap hari juga dapat bermanfaat untuk kesehatan otak? Sama seperti saat tubuh diuntungkan oleh aktivitas fisik, otak Anda juga mendapat manfaat yang sama. Ingatlah bahwa otak juga terbuat dari sel-sel dan jaringan.

Jika Anda tak menggunakan otot, otot pasti akan mengendur. Hal ini sama dengan otak yang juga membutuhkan aktivitas fisik. Banyak penelitian membuktikan olahraga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif pada otak.

Banyak sekali manfaat olahraga yang diperoleh otak Anda, seperti dilansir dari Boldsky:

1. Latihan fisik meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh termasuk otak. Ketika otak Anda menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi, otak akan cenderung bekerja dengan baik. Tak hanya itu, beberapa studi menunjukkan bahwa area di otak yang mengatur ingatan akan aktif kembali saat Anda rutin melakukan olahraga.

2. Jika jantung Anda sehat, otak Anda juga akan cenderung menjadi sehat. Olahraga teratur baik untuk kesehatan kardio dan itu membantu kesehatan otak Anda supaya jantung memompa darah lebih baik.

3. Olahraga teratur baik untuk materi putih yang ada di otak. Materi putih membuat lengkungan ikatan saraf yang memainkan peran penting dalam transmisi sinyal otak.

4. Sebuah survei terbaru juga menunjukkan bahwa perokok yang mulai melakukan latihan olahraga akan cenderung lebih mudah berhenti merokok dibandingkan mereka yang tak berolahraga.

5. Dengan rutin melakukan olahraga, otak dan tubuh Anda dapat lebih baik dalam menangani stres. Inilah salah satu manfaat olahraga untuk otak.

6. Sebuah studi baru-baru ini mengklaim bahwa olahraga teratur juga dapat mengurangi risiko pikun yang juga merupakan penyakit yang berhubungan dengan otak.

7. Studi lain juga menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko depresi. Ini juga salah satu efek positif dari latihan pada otak.

8. Ketika Anda berolahraga secara teratur, pikiran Anda akan dapat melakukan tugas-tugas tertentu dengan mudah. Konsentrasi akan lebih mudah, sehingga Anda dapat mengabaikan gangguan lebih baik dan merencanakan sesuatu menjadi lebih mudah.

9. Sebuah studi terbaru yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa olahraga juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel dalam jaringan otak.

 

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150730165022-255-69160/manfaat-luar-biasa-dari-olahraga-yang-bagus-untuk-otak