Bekerja seharian dari pukul 8 hingga 5 sore memang dapat memberikan efek tidak baik untuk kesehatan. Terlebih lagi jika anda dipaksa untuk melakukan lembur karena pekerjaan kantor yang masih menumpuk. Selain itu, aktivitas anda di kantor didominasi oleh kegiatan duduk seharian yang tentu saja membuat organ sekitaran pinggul hingga punggung terasa begitu tidak nyaman. Anda tentu bertanya-tanya bagaimana caranya agar tubuh tetap merasa fit meski waktu anda seharian dihabiskan dikantor. Menurut sebuah studi, anda tidak perlu keluar dari pekerjaan yang saat ini tengah anda kerjakan agar tetap mendapat tubuh yang sehat.

Berikut ini ada 8 tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap fit meski seharian di kantor :

1.Sinar Matahari Pagi

Pastikan tubuh selalu terpapar sinar matahari pagi setidaknya selama 15 menit agar daya tahan atau immunitasnya tetap prima. Riset terkini mengatakan bahwa sel T yang bertugas menjaga daya tahan tubuh tak dapat bekerja tanpa bantuan sinar matahari. Selain itu, vitamin D alami yang terkandung di dalam sinar matahari amat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

2.Tetap Aktif Bergerak

Tubuh kita tidak didesain untuk duduk terlalu lama, karena ini akan mengganggu kerja organ di dalamnya dan mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Beberapa cara agar kita tetap aktif di kantor adalah dengan berjalan ke ruang kerja kolega saat butuh sesuatu, naik tangga daripada lift, sampai mengupayakan standing meeting—mengadakan rapat sambil berjalan di sekitar taman perkantoran.

3.Batasi Waktu Duduk

Duduk dalam waktu yang lama terlebih lagi seharian penuh, dapat meningkatkan resiko memburuknya kesehatan tubuh anda. Kebiasaan seperti ini, juga dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan kanker. Untuk itu ada baiknya, jika sesekali cobalah berdiri dan bangkit atau lakukan kegiatan berjalan-jalan kecil. Peregangan singkat seperti ini dapat membantu tubuh anda mengistirahatkan bagian tubuh yang terus-menerus menekuk terutama saat anda duduk seharian di kantor.

4.Minum Air Putih yang Cukup

Saking padatnya jam kerja, sering kali kita hanya duduk di depan komputer dengan tangan sesekali merogoh cemilan tanpa menyentuh gelas di tepi meja. Kondisi sedentari (tidak banyak bergerak) dan kurang asupan air putih dalam jangka panjang akan menimbulkan gangguan ginjal. Bagaimana cara mengetahui bahwa kita sudah cukup minum? Dengan memperhatikan warna urine kita. Jika warnanya putih sampai kuning muda, itu artinya asupan air putih sudah cukup untuk tubuh.

5.Pelihara Tanaman hijau

Sempatkanlah untuk menaruh satu pot kecil tanaman hijau diruang kerja anda. Sebuah penelitian dari Texas A&M menemukan bahwa orang yang menyimpan vas bunga berisikan tanaman hidup di meja kerjanya, atau memiliki ruang kantor dengan berbagai jenis tanaman hijau cenderung memiliki lebih banyak ide kreatif. Sebaliknya, mereka yang di ruang kerjanya sama sekali tidak memiliki tanaman hias cenderung memiliki ide kreatif lebih terbatas.

6.Sediakan cemilan sehat

Dahulukan makan cemilan sehat. Usaha hidup sehat yang bisa kita lakukan adalah dengan menyiapkan bekal smoothie buah campur sayuran dan buah potong dari rumah. Agar tahan lama, simpan bekal tersebut di dalam kulkas yang biasanya ada di pantry kantor. Dulu saya merasa sudah cukup sehat dengan menyantap makan siang yang didominasi sayuran. Ternyata hal itu bisa jadi sia-sia jika kita doyan snacking yang tinggi kadar gula dan lemak jenuhnya. Jadi, coba resep makanan sehat yang bisa dibuat dalam waktu tak lebih dari 15 menit ini.

7.Istirahatkan Mata

Ingin agar mata bebas kacamata lebih lama lagi? Hal kecil berdampak besar yang bisa kita lakukan adalah dengan sesekali mengalihkan pandangan dari layar komputer maupun gadget sesering mungkin. Jika tidak ada area hijau di sekeliling kita untuk menyegarkan mata, coba pejamkan mata dan pijat alis untuk beberapa saat.

8.Lakukan Stretching Sesekali

Kerja di kantor bukan berarti duduk dalam satu posisi yang sama sepanjang hari. Dalam jangka panjang, bisa-bisa kita malah terkena gangguan sendi dan syaraf. Untuk menghindari nyeri bahu dan punggung, regangkan tubuh, termasuk tangan dan kaki, tiap 30 menit. Got more time—and space?
Masih ingin menunda gaya hidup sehat di kantor? Sebaiknya ingat-ingat kembali konsekuensi pahit yang harus kita telan pada akhirnya. Dengan begitu, kita pun lebih bersemangat untuk mengubah kebiasaan menjadi lebih baik. Kiat hidup sehat apa saja yang sudah kamu lakukan selama ini di kantor? Kamu bisa berbagi tips yang biasa kamu lakukan di koment tulisan ini.

 

sumber:https://www.ob-fit.com/8-tips-hidup-sehat-walau-seharian-bekerja-di-kantor/