Butuh ide olahraga yang mudah dan tidak memakan banyak biaya? Jalan kaki saja. Lebih bagus jika aktivitas tersebut Anda lakukan di pagi hari. Jalan-jalan pagi dapat membantu menyegarkan otak Anda, mengaktifkan tubuh Anda dan memberi Anda semangat untuk menjalani sisa hari itu. Ini 8 keuntungan jalan kaki di pagi hari yang sangat menakjubkan.

1. Kulit bersinar
Jalan-jalan pagi dapat membantu menutrisi kulit Anda. Pagi hari biasanya kadar polusi udara masih rendah dan sinar matahari yang mengandung vitamin D pun masih baik untuk kulit. Udara yang baik plus sinar matahari akan membuat kulit bersinar.

2. Mengurangi kadar stres
Jalan kaki di pagi hari juga memberi Anda waktu tambahan untuk bermeditasi dan mengurangi stres. Pagi hari biasanya suasananya tenang dan menenangkan otak, yang membuatnya bisa berpikir lebih jernih.

3. Mengurangi risiko diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit yang mengancam banyak orang di muka bumi ini. Tapi Anda bisa mengurangi risiko penyakit ini jika Anda rajin berjalan di pagi hari. Menurut penelitian, jalan pagi 30 menit dapat membantu kontrol gula darah serta membantu pengelolaan insulin pada diabetes tipe II (2). Hal ini memungkinkan sel-sel di otot untuk menggunakan lebih banyak glukosa, membantu membakar lemak tubuh yang tidak dibutuhkan, dan juga membantu memperbaiki Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index).

4. Meningkatkan metabolisme
Sistem metabolisme menjadi lebih baik setelah Anda rutin berjalan kaki. Metabolisme biasanya melambat saat Anda tidur, sehingga sistem tersebut akan ‘dibangungkan’ dan aktif kembali saat Anda jalan kaki di pagi hari.

5. Menguatkan jantung
Jika Anda menderita masalah jantung, mungkin bukan ide yang baik untuk melakukan olahraga lari. Tapi Anda bisa memilih olahraga jalan kaki ! Studi dari American Heart Association menunjukkan, jalan kaki dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke jika dilakukan secara rutin.

6. Meningkatkan stamina
Stamina dapat membaik jika setiap pagi Anda berjalan kaki. Anda tidak akan merasa cepat lelah sepanjang hari, karena Anda telah ‘membangunkan’ hormon endorfin dan sistem metabolisme pada olahraga pagi tersebut.

7. Mengurangi berat badan
Berat badan bisa berkurang jika Anda berjalan kaki selama 30 sampai 40 menit setiap hari. Olahraga ini membantu meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori untuk menurunkan berat badan. Para ahli di Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa, Anda dapat menurunkan berat badan dengan sehat tanpa mengubah diet Anda dengan berjalan kaki setiap hari.

8. Mengurangi risiko keguguran
Studi yang dilakukan National Health Service menunjukkan,iIbu hamil sangat bisa mendapatkan keuntungan dari mengikuti latihan seperti jalan kaki di pagi hari. Pasalnya, kadar hormon yang tidak menentu dan menyebabkan perubahan pada tubuh di saat hamil bisa dikontrol dengan olahraga yang rutin seperti jalan kaki.

 

sumber:https://womantalk.com/health-fitness/articles/ini-8-keuntungan-jalan-kaki-di-pagi-hari-A70q9