ISTIRAHAT yang cukup merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Istirahat atau tidur yang cukup dapat berdampak baik terhadap jantung, berat badan dan pikiran.

“Tidur yang cukup dulu diabaikan, seperti memarkir mobil di garasi dan mengendarainya kembali di pagi hari,” kata David Rapoport, MD, direktur NYU Sleep[ Disorders yang dikutip laman Health, Rabu (5/10/2016).

Tapi, kini istirahat yang cukup tidak lagi diabaikan, karena terbukti penting bagi kesehatan. Berikut manfaat istirahat atau tidur yang cukup bagi kesehatan:

Meningkatkan memori

Selama tidur, itu dapat memperkuat daya ingat atau keterampilan yang dipelajari saat Anda terjaga. Hal ini merupakan proses yang disebut konsolidasi. Jadi, untuk meningkatkan daya ingat atau memori, tidurlah yang cukup.

Panjang umur

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan kematian di usia dini, meskipun tidak jelas apakah menjadi penyebab utama atau tidak.

Dalam studi 2010, terhadap perempuan berusia 50-79 tahun, ditemukan bahwa lebih banyak kematian terjadi pada mereka yang mendapat tidur kurang dari lima jam per malam.

Tidur juga mempengaruhi kualitas hidup

“Banyak hal yang kita anggap remeh dipengaruhi oleh tidur. Jika Anda tidur lebih baik, maka pasti bisa hidup lebih baik, ini cukup jelas,” ujar Raymonde Jean, MD, direktur pengobatan tidur dari St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center.

Peradangan

Peradangan dikaitkan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur dari enam jam, memiliki kadar darah lebih tinggi dari protein inflamasi dibanding mereka yang mendapatkan waktu tidur lebih banyak.

Sebuah studi 2010 menemukan, protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang-orang yang punya enam atau lebih sedikit jam tidur malam.

Orang yang memiliki sleep apnea atu insomnia dapat mengalami peningkatan tekanan darah dan peradangan.

Berat badan sehat

Jika Anda sedang menjalan diet menurunkan berat badan, mungin perlu juga merencanakan tidur lebih awal. Para peneliti di University of Chicago menemukan, diet yang baik dengan istirahat cukup menghilangkan lebih banyak lemak. Selain itu, seseorang juga akan merasa lebih lapar ketika kurang beristirahat atau tidur.

“Tidur dan metabolisme dikendalikan oleh sektor yang sama dari otak. Ketika mengantuk, hormon tertentu naik dalam darah, dan hormon-hormon yang sama mendorong nafsu makan,” tutur Rapoport.

 

sumber:https://lifestyle.okezone.com/read/2016/10/05/481/1506623/ini-lho-5-manfaat-istirahat-yang-cukup-bagi-kesehatan