Bagaimana Anda memilih latihan yang tepat untuk membuat tubuh sehat dan bugar? Dari sekian banyak jenis latihan, kali ini kita akan membahas antara latihan memakai treadmill dan sepeda statis. Sepeda statis dan treadmill termasuk dalam kelompok olahraga aerobik atau kardio, namun masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahannya.

Dilihat dari sisi pembakaran kalori yang didapatkan dari hasil Treadmill tidak terlalu berbeda dengan sepeda statis. Bagi Prian, jika Anda melakukan lari dengan treadmill selama 30 menit dengan kecepatan 10 km/jam, Anda dapat membakar sebanyak 334 kalori. Sedangkan dengan sepeda statis Anda dapat membakar 324 kalori pada kecepatan yang sama.

Walaupun hasil pembakaran kalori yan dihasilkan dari keduanya tidak terlalu berbeda, Anda perlu memilih diantara dua latihan tersebut yang mana lebih cocok dengan kondisi Anda. Bila Anda termasuk orang dengan berat badan yang berlebih (obesitas), Anda kurang cocok melakukan lari baik di treadmill ataupun di luar ruangan. Karena akan terjadi benturan pada lutut yang bisa mencapai 3 sampai 4 kali berat badan dan berpotensi tinggi menimbulkan cidera dan efek psikologis yang buruk bagi Anda. Oleh karena itu, lebih baik untuk memilih latihan dengan sepeda statis.

Sepeda statis memerlukan kemampuan khusus bagi penggunanya. Kelebihan dari sepeda statis yaitu Anda dapat menghemat waktu, mengefisiensi gerakannya. Jadi bagi anda yang menderita obesitas, maka hal yang harus didahulukan adalah menurunkan berat badan setelah itu anda bisa mengganti latihan dengan media lain tanpa harus takut terjadi cederan pada lutut. Jika masalah yang Anda hadapi sekarang adalah bentuk tubuh, maka lari dapat menjadi pilihan tepat karena lebih banyak gerakan yang dihasilkan sehingga lebih banyak otot yang bergerak dan relatif lebih efektif dalam membentuk tubuh, sementara sepeda statis bisa mengencangkan otot kaki dan membakar kalori.

Anda bisa memilih salah satu dari olahraga tersebut dengan bijak memilih karena kedua olahraga tersebut walaupun tampak tak ada bedanya akan tetapi memiliki karakter, kelemahan dan kelebihan yang berbeda bagi masing – masing orang.

sumber: https://tampang.com/detail/treadmill-vs-sepeda-statis-3120.php