Ingin olahraga, tapi kok rasanya malas sekali ya? Jika menyebut olahraga, yang terbayang mungkin olahraga berat yang menguras banyak energi. Hmm, padahal sih, ada kok olahraga yang sederhana dan juga punya kegunaan bagus bagi kesehatan tubuh, yaitu bersepeda. Tahukah Anda, bersepeda ternyata memiliki beragam manfaat baik bagi wanita, lho. Apa saja? Yuk simak ulasannya di sini!

Membantu Mengatasi Obesitas

Ternyata bersepeda selama 1 jam dapat membakar 400-1000 kalori, lho. Namun rentang angkanya bervariasi tergantung dari intensitas dan beban kayuhan yang Anda pasang. Makin lama durasinya dan makin berat kayuhan, otomatis semakin besar pula jumlah kalori yang dibakar. Kalau tempat tinggal Anda tak jauh dari kampus atau kantor, sepertinya Anda bisa mengandalkan transportasi sepeda sebagai pilihan. Selain sehat, Anda juga bisa lebih hemat, kan?

Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, bersepeda bagi wanita punya manfaat khusus lain, yaitu mencegah terbentuknya sel kanker payudara. Dari penelitian yang dilakukan University of Glasglow tahun lalu, ditemukan fakta bahwa mereka yang rutin bersepeda, minimal selama lima tahun lebih jarang terkena serangan jantung atau penyakit kanker, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin bersepeda.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Punya masalah insomnia atau tidur yang tak lelap di malam hari? Jika sudah berusia lanjut, biasanya seseorang memang lebih rentan terkena gangguan tidur, baik berupa masalah durasi maupun kualitasnya. Karena itu, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk lebih rajin bersepeda. Salah satu manfaat bersepeda bagi wanita adalah kemampuannya untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Menjaga Kekuatan Sendi

Mengutip Everyday Health, wanita lebih rentan tiga kali lipat ketimbang pria dalam hal arthritis, karena tiga faktor ini: Biologis, genetika dan hormon. Sayangnya, ada faktor keempat yang membuat wanita semakin rentan terkena arthritis, yaitu obesitas. Nah, dengan bersepeda, Anda sebagai wanita akan mendapat manfaat dari penurunan berat tubuh yang juga akan berpengaruh terhadap berkurangnya risiko penyakit sendi ini. Lebih lanjut lagi, bersepeda lebih minim risiko pada persendian ketimbang lari atau jogging yang bisa menyebabkan masalah pada pergelangan kaki hingga punggung.

Memperkuat Kesehatan Mental

Sudah rahasia umum kalau berolahraga bisa membuat otak lebih sehat, karena peredaran darah yang lebih lancar ke dalam otak. Anda bisa terhindar dari risiko penyakit dementia, gangguan kecemasan, dan juga depresi. Karena pengaruh hormon, wanita lebih berisiko terkena gangguan mental seperti ini. Bersepeda menggabungkan aktivitas fisik dan juga eksplorasi luar ruangan yang bisa membantu Anda menyegarkan pikiran.

 

sumber:https://journal.sociolla.com/lifestyle/manfaat-bersepeda-bagi-wanita/