Berekreasi menggunakan sepeda memang menyenangkan. Namun bila kita lebih fokus pada manfaat kesehatan dari bersepeda, kita tidak 100% perlu keluar rumah. Kita bisa memiliki dan menggunakan sepeda ststis, yang manfaatnya luar biasa seperti berikut.

1. Menyehatkan Persendian

Apa yang paling baik untuk persendian kita? Jawabannya adalah pergerakan. Jika sendi jarang bergerak, ia akan cenderung kaku dan lemah. Bersepeda membuat sendi-sendi sikut, lutut, pergelangan tangan dan kaki kita menjadi aktif dan lebih sehat.

2. Mengontrol Berat Badan

Kalau kita sedang dalam program diet, memiliki dan menggunakan sepeda statis di rumah adalah pilihan yang sangat bagus. Program itu tidak akan terkendala waktu dan cuaca. Bersepeda membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh kita.

3. Menguatkan Otot

Hampir sama dengan persendian, otot juga memerlukan pergerakan yang rutin dan merata. Dengan bersepeda secara rutin, hampir semua otot dalam tubuh kita mengalami peningkatan aktivitas yang baik untuk membuatnya semakin kuat.

4. Manfaat Kardiovaskular

Bersepeda termasuk dalam jenis olahraga kardio. Artinya, ini merangsang kinerja jantung dan paru-paru, sekaligus melancarkan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh. Dengan memiliki sepeda statis, kita bisa secara rutin mendapatkan manfaat tersebut.

5. Mengurangi Stress

Dari manfaatnya sebagai olahraga kardio, bersepeda mampu mengurangi risiko kita terkena stroke, serangan jantung, dan darah tinggi. Namun selebihnya, tingkat stres kita pun akan menurun seiring dengan aktifnya tubuh kita…yang vitalitasnya meningkat!

Nah, luar biasa kan bersepeda itu? Walau terkesan sederhana, olahraga yang satu ini terbilang kaya manfaat. Kembali ke apa pentingnya memilik sepeda statis di rumah sendiri, jawabannya tidak lain adalah kita bisa memiliki keleluasaan dalam meraih semua manfaat kesehatan yang sudah disebutkan.

sumber:https://www.liputan6.com/health/read/2910809/apa-gunanya-memiliki-sepeda-statis-di-rumah