Jika dilihat sekilas, lari di luar ruangan dan di atas treadmill merupakan olahraga yang sangat mirip. Keduanya menggunakan kelompok otot yang sama, serta membutuhkan gerakan maju dan gerak tubuh. Terlebih lagi, kedua aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kebugaran dan daya tahan kardiovaskular, mengurangi persentase lemak tubuh, serta mengencangkan dan memperkuat kaki dan inti otot. Namun, jika kita perhatikan lebih saksama, ada beberapa perbedaan antara lari di luar ruangan dan di atas treadmill. Mari kita lihat perbedaannya di bawah ini!

Lari di luar ruangan

Variasi rute

Hal yang baik mengenai lari di luar ruangan adalah bahwa Anda memiliki jumlah rute yang tak terbatas untuk dilalui. Anda mungkin ingin melalui rute yang berbeda tergantung dari suasana hati Anda. Contohnya, Anda bisa memilih rute linear untuk berlari ke arah tujuan akhir Anda. Atau Anda juga bisa memilih rute sirkular yang akan membawa Anda kembali ke tempat semula.

Namun, jika Anda ingin terus meningkatkan kebugaran Anda dan membakar jumlah optimal kalori, Anda harus mengubah rute lari Anda secara teratur untuk mencegah tubuh terbiasa dengan rutinitas Anda.

Variasi permukaan

Berlari di luar ruangan menantang Anda dengan permukaan rute yang tidak terduga dibandingkan dengan di atas treadmill. Hal ini memiliki manfaat sebagai latihan keseimbangan dan koordinasi. Anda harus bekerja keras untuk menjaga keseimbangan di medan yang tidak rata, seperti retakan di trotoar, gundukan di lapangan, dan lain-lain.

Permukaan jalan dan trotoar mudah untuk diprediksi. Jika Anda seorang pemula, berlari pada kondisi permukaan yang tergolong ringan ini mungkin adalah yang paling aman untuk dilakukan. Pastikan bahwa Anda memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan mengenakan pakaian dengan visibilitas tinggi. Anda sebaiknya tetap berada di atas trotoar jika memungkinkan, tetapi jika Anda harus berada di jalan raya, tetaplah berada di sisi jalan dan perhatikan setiap kendaraan yang melintas mendekati Anda.

Berlari di pasir akan menguji daya tahan Anda sehingga Anda akan membakar lebih banyak kalori. Terlebih jika pasir yang dipijak merupakan pasir yang lembut, Anda akan semakin sulit untuk bergerak maju, sehingga tenaga yang Anda keluarkan akan semakin besar.

Kondisi cuaca

Bila Anda ingin lari di luar ruangan, cuaca sering kali menjadi faktor penentu. Jika awan sudah mulai gelap atau ada rintik-rintik hujan, pasti Anda akan membatalkan keinginan tersebut. Namun, olahraga akan lebih efektif jika dilakukan secara teratur, seminggu sekali tidak akan cukup. Kita tahu bahwa Indonesia memiliki 2 musim. Jadi, ketika Anda lari di luar ruangan saat musim hujan, Anda harus memakai pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca saat itu.

Biaya

Salah satu keuntungan berlari di luar ruangan adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Anda mungkin akan keluar biaya untuk membeli beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk berlari, namun hal itu tetap akan jauh lebih murah dibandingkan dengan bergabung dalam gym atau membeli treadmill.

Lari di treadmill

Lingkungan konstan

Meskipun beberapa orang melihat olahraga ini sebagai sesuatu yang mahal dan membosankan, namun treadmill menawarkan lingkungan yang konstan untuk berolahraga karena suhu, kelembapan, dan permukaan untuk berlari tetap sama.

Dalam hal ini, berlari di treadmil dapat dianggap sebagai bentuk olahraga yang lebih nyaman daripada berlari di luar. Anda tidak harus mempertimbangkan cuaca, tingkat cahaya, atau lalu lintas. Setelah Anda berada di treadmill, Anda hanya memiliki sedikit faktor eksternal yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

Kecepatan

Treadmill memungkinkan pelari untuk mengatur kecepatan dan mempertahankannya. Hal ini berguna jika Anda berlatih untuk tujuan tertentu. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk tetap melanjutkan usaha ketika tekad Anda berkurang.

Di atas treadmill, Anda harus membuat keputusan secara sadar untuk menekan tombol agar memperlambat kecepatan berlari Anda. Jika Anda lari di luar ruangan, Anda akan secara alami mengurangi kecepatan tanpa menyadarinya karena tubuh Anda merespon pada rasa lelah yang Anda rasakan.

Kurang berdampak pada sendi

Lari di atas treadmill lebih aman pada sendi dibandingkan dengan lari di jalan atau trotoar beton. Jika Anda berlari secara teratur, termasuk beberapa latihan pada treadmill, Anda akan mengurangi dampak pada sendi dan risiko cedera. Jika Anda baru sembuh dari cedera atau memiliki masalah dengan sendi Anda, treadmill menawarkan cara untuk membangun kembali latihan Anda secara bertahap.

Jadi, lari di treadmill atau di luar ruangan?

Perbedaan antara lari di luar ruangan dan di treadmill dapat Anda gunakan sebagai keuntungan bagi Anda sendiri. Anda dapat menyisihkan waktu 2-3 hari untuk lari di luar ruangan, yang akan lebih menantang dan mengondisikan Anda. Lalu pada hari lainnya, selama 2-3 hari, cobalah untuk berlari di treadmill untuk membangun kecepatan dengan meningkatkan langkah dalam waktu yang singkat. Perubahan pemandangan juga akan memotivasi Anda untuk tetap melakukan latihan rutin ini.

sumber:https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/lari-di-luar-ruangan/