Olahraga adalah salah satu kegiatan yang baik untuk tubuh. Selain baik bagi tubuh, olahraga juga baik bagi otak, lo! Berikut beberapa manfaat olahraga bagi otak!

Meningkatkan Memori Otak

Saat melakukan olahraga, bagian otak yang bernama hippocampus akan tumbuh. Hippocampus adalah bagian otak yang mengatur memori di dalam otak kita.

Semakin rutin kita berolahraga, semakin kuat juga memori otak kita. Menurut sebuah penelitian di Jerman, bersepeda secara rutin bisa membantu proses penyerapan bahasa asing, lo!

Meningkatkan Konsentrasi

Selain meningkankan memori otak, olahraga juga bisa meningkatkan konsentrasi, lo! Menurut penelitian di Amerika, anak-anak yang melakukan olahraga rutin lebih mudah berkonsentrasi. Mereka juga bisa menangkap informasi yang didengar lebih cepat.

O iya, dalam penelitian itu, anak-anak hanya melakukan olahraga ringan selama 10 – 20 menit setiap hari sepulang sekolah.

Meningkatkan Kreativitas

Berjalan termasuk salah satu bentuk olahraga ringan, lo, teman-teman. Menurut penelitian, berjalan bisa membuat otak jadi lebih segar. Otak yang segar akan lebih mudah menghasilkan ide. Jadi, tak heran kalau olahraga bisa membuat otak jadi lebih kreatif.

Menjaga Kemampuan Otak

Semakin bertambahnya usia, fungsi otak akan semakin berkurang. Namun, penurunan fungsi otak bisa dicegah atau dikurangi dengan berolahraga.

Cukup lakukan olahraga ringan, seperti jalan cepat setiap 3 kali seminggu. Semakin rutin kita berolahraga, semakin kecil juga penurunan otak yang terjadi.

Itulah beberapa manfaat olahraga bagi otak. Jadi, mulai sekarang, teman-teman jangan malas berolahraga, ya!

sumber:https://juara.bolasport.com/read/321493657/inilah-manfaat-olahraga-bagi-otak?page=2