Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berolahraga secara teratur sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan, terutama bagi orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Berikut beberapa manfaat olahraga secara teratur.

1. Mengendalikan Berat Badan
Olahraga membakar kalori relatif banyak dalam waktu singkat. Olahraga juga dapat membuat otot lebih padat sehingga meningkatkan laju metabolisma saat tubuh tidak beraktivitas. Program menurunkan berat badan secara sehat selalu menyertakan olahraga sebagai kunci utama selain pengaturan menu makanan.

2. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah
Berolahraga memompa darah  lebih cepat (untuk sementara) sehingga membantu menguatkan otot jantung dan pembuluh darah, seta melancarkan aliran darah. Berolahraga juga dapat mengurangi kelebihan lemak tubuh, kolesterol, dan trigliserida dalam tubuh yang berpotensi mengganggu kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Membantu Tidur Lebih Sehat
Berolahraga teratur membantu jadwal tidu teratur dan lebih nyenyak. Tidur yang cukup membuat badan terasa segar dan fit.

4. Mengurangi Stress
Olahraga membantu tubuh merasa lebih rileks setelah melakukannya. Olahraga juga merangsang zat-zat kimia tertentu di otak yang dapat memperbaiki mood.

5. Meningkatkan Ketahanan Fisik
Orang yang biasa berolahraga mempunyai daya tahan fisik yang lebih lama untuk bekerja.

6. Memperkuat Tulang

Olahraga dapat meningkatkan  penyerapan kalsium oleh tulang. Olahraga secara teratur menjadi salah satu aktivitas wajib dalam terapi bagi orang yang mengalami osteoporosis.

7. Mencegah Gangguan Metabolisma
Gangguan metabolisma seringkali disebabkan ketidak seimbangan biokimia tubuh seperti glukosa, kolesterol, trigliserida, asam urat, sodium, dsb. Padahal dalam kadar normal, zat-zat tersebut diperlukan untuk membantu metabolisma. Olahraga secara teratur dapat membantu memperbaiki keseimbangan biokimia tubuh.

8. Membuat Awet Muda
Berolahraga membantu melancarkan aliran darah yang membawa oksigen dan membuang racun (detoksifikasi) pada seluruh tubuh sehingga membuat kulit segar dan halus.

9. Meningkatkan Imunitas (Kekebalan) Tubuh
Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit batuk, influenza, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

10. Meningkatkan Performance Seksual
Olahraga teratur membuat tubuh lebih bugar dan lebih siap melakukan aktivitas fisik serta mengurangi stress. Diantara penyebab utama disfungsi seksual adalah keletihan, stress dan gangguan kesehatan yang mungkin dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur.

Selain efek positif secara fisik/ragawi, berolahraga secara teratur memiliki efek positif secara psikis/mental terhadap kesehatan yaitu kesadaran menerapkan pola hidup sehat.

 

sumber:https://olvista.com/10-manfaat-berolahraga-secara-teratur/