Makan, kebutuhan pokok manusia yang wajib dilakukan jika ingin tetap bertahan hidup. Namun selain makan setiap hari, ada aturan yang perlu dipatuhi jika ingin tubuh tetap terjaga kesehatannya. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Time berikut ini.

Sarapan
Jangan pernah sekalipun melewatkan sarapan. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa melewatkan sarapan mampu memicu obesitas, diabetes tipe 2, sampai penyakit jantung.

Lantas makanan apa yang terbaik yang bisa dikonsumsi saat sarapan? Jawabannya adalah protein dan serat. Sebab keduanya bersifat mengenyangkan dan mampu memberikan energi sampai siang hari.

Makan siang
Jangan sampai terlambat saat makan siang. Sebab jika terbiasa makan siang terlalu sore, tubuh berisiko terserang penyakit maag. Jadi ketika jam makan siang sudah tiba, jangan menunda untuk segera menyantap hidangan.

Di berbagai negara di Eropa, makan siang adalah jadwal makan dengan porsi paling besar di antara yang lain. Cara ini bisa ditiru, karena tubuh masih harus beraktivitas hingga sore hari. Penelitian bahkan membuktikan kalau porsi besar ketika makan siang mampu menurunkan berat badan dengan efektif.

Makan malam
Karena kebanyakan orang beristirahat di malam hari, sebaiknya porsi makan malam pun tidak terlalu banyak. Hindari pula kebiasaan ngemil sebelum tidur. Setidaknya, beri jarak dua sampai tiga jam setelah makan jika ingin langsung berbaring di atas tempat tidur.

Selain itu, pilih makanan yang sifatnya ringan dan mudah dicerna, bukan serat atau protein yang membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk diolah.

Itulah beberapa aturan makan yang harus dipatuhi setiap hari. Lalu bagaimana dengan kebiasaan ngemil? Hal itu tidak masalah, namun usahakan camilan adalah buah-buahan atau makanan lain yang menyehatkan.

sumber:https://www.merdeka.com/sehat/3-aturan-makan-yang-harus-dipatuhi-setiap-hari.html