Olahraga sepeda statis kini sedang banyak diminati masyarakat. Selain seru bila dilakukan bersama-sama dalam satu kelas fitness, ternyata olahraga yang satu ini sangat minim risiko, terutama risiko yang membahayakan sendi.

Sepeda statis merupakan alat simulator sederhana berbentuk mirip sepeda yang bisa dikayuh seolah-olah seseorang sedang bersepeda tanpa harus keluar rumah. Dengan menyetel alat ini sedemikian rupa, kita bisa seperti “bersepeda” beneran layaknya sedang berada di jalanan.

Cukup gunakan perangkat sepeda statis, kita tidak perlu menggunakan helm dan menghadapi rintangan berupa jalanan bertekstur kasar, maupun tanjakan serta turunan untuk membuat tubuh menjadi sehat.

Bagi mereka yang sibuk, namun ingin selalu tampil bugar, sepeda statis ini juga layak dimiliki keberadaannya. Berikut sejumlah alasan mengapa sepeda ini penting untuk dimiliki:

1. Sepeda Statis minim resiko cedera

Keuntungan mengunakan sepeda statis adalah, lebih aman dibanding bersepeda dijalan raya dan hampir tidak ada resiko cedera dalam penggunaannya. Misalnya akibat kondisi jalanan yang buruk ataupun kondisi cuaca.

2. Jika Kamu Sibuk, Perangkat Ini Bisa Jadi Alternatif

Bagi mereka yang ingin tetap bersepeda dijalan tapi sibuk dan tak bisa keluar rumah karena pekerjaan atau hal lain, maka perangkat sepeda fitness ini sangat bermanfaat. Dengan alat ini kita bisa mengoptimalkan waktu dan tenaga yang ada dengan se-efektif mungkin. Pada sisi lain, tujuan awal membuat tubuh menjadi bugar tetap bisa tercapai.

3. Banyak Manfaat Kesehatan Yang Didapatkan

Selain untuk kebugaran, olahraga ini sangat baik untuk membakar lemak tubuh. Hampir seluruh otot di tubuh kamu bekerja saat kamu mengayuh sepeda. Otot di kaki seperti paha, betis, dan pergelangan kaki merupakan bagian otot yang paling bekerja keras.

Bersepeda dengan alat ini membantu membakar banyak kalori dan meningkatkan kekuatan dan kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu dengan menggunakan sepeda ini memperkuat dan memperbaiki struktur tulang, memperkuat otot dan persendian terutama paha, betis dan lutut.

4. Olahraga Ini Enjoy dan tidak membosankan

Selain membuat tubuh lebih bugar, kita bahkan bisa mengayuhnya sambil menikmati hal lain, misalnya menonton berita di tv atau baca headline koran, sesuatu yang mustahil dilakukan jika kita bersepeda di jalan raya.Bersepeda sambil menonton TV akan membuat latihan terasa lebih singkat dan mudah.

5. Lebih hemat

alam jangka panjang punya sepeda statis bisa lebih hemat dari pada membayar iuran gym, terutama jika lebih dari satu anggota keluarga yang berlatih. Dari pada buat iuran gym lebih baik uang tersebut diinvestasikan dalam bentuk sepeda fitness yang bagus dan berkualitas, yang bisa dipakai selama bertahun-tahun. Harga sepeda statis pastinya masih terjangkau buat para pecinta fitness

Memiliki sepeda statis untuk keperluan fitness pribadi atau keluarga di rumah, sudah tentu lebih nyaman dibanding jika harus melakukannya di gym. Selain itu kita bisa ”bersepeda ria” di rumah kapan saja disela-sela kesibukan sehari-hari. Pagi, siang atau malam.

sumber:https://www.blibli.com/friends/blog/ini-lima-alasan-kamu-harus-punya-sepeda-statis/