Sudah menjadi hal lumrah banyak orang menghabiskan waktu di kantor, berangkat pagi pulang petang. Belum lagi kalau pekerjaan yang dilakukan lebih banyak duduk dan menghadap komputer. Nah, tak jarang permasalahan kesehatan muncul.

Mulai sekarang jangan khawatir! Kamu tetap bisa olahraga walaupun sibuk di kantor. Dikutip dari laman Daily Monitor, Kamis (28/5), berikut cara mudah dan sederhana olahraga pada tengah jam sibuk di tempat kerja.

1. Menggerakkan leher
Meregangkan leher dapat kamu lakukan dengan menekuk kepala ke depan, belakang, sisi kiri, dan sisi kanan. Tapi, kamu tidak boleh memutar kepala dengan menggunakan leher sebagai porosnya, karena bisa menyebabkan kerusakan sendi leher. Setelah itu, kamu dapat memutar bahu ke depan sebanyak sepuluh kali, lalu bergerak memutar ke belakang sebanyak sepuluh kali pula.

2. Menggerakkan pergelangan tangan dan kaki
Kamu bisa melakukannya dengan memutar pergelangan tangan sepuluh kali searah jarum jam, lalu sejumlah sama dengan arah berlawanan. Gerakan ini akan membantu meminimalisasi potensi terkena carpal tunnel syndrome (kondisi tangan dan lengan semakin menyakitkan disebabkan oleh saraf terjepit di pergelangan tangan), jika terlalu banyak waktu untuk mengetik.

Gerakan serupa juga bisa kamu lakukan untuk kaki. Putar pergelangan kaki dalam gerakan searah jarum jam sebanyak tiga kali, kemudian berlawanan. Hal ini membantu mencegah kesemutan.

3. Latihan perut
Untuk latihan otot perut, tahan perut kamu selama beberapa detik saat bernapas, kemudian lepaskan seiring napas keluar.

4. Latihan mata
Kamu bisa memejamkan matamu sejenak untuk tidak terlalu lama menatap layar monitor. Selain itu kamu bisa mengalihkan pandangan ke area lain di kantor, semisal taman supaya mendapat kesan segar pada mata. Untuk “olahraga” mata, kamu bisa baca artikel “Ini 4 cara agar matamu cemerlang”.

5. Berdiri
Usahakan berdiri setiap kali ada kesempatan ketika bekerja di kantor. Kamu bisa mengambil jalan-jalan menuju dispenser untuk mengambil air minum atau berjalan ke luar kantor untuk membeli makan siang. Hal ini juga bisa membuatmu mendapatkan udara segar.

Nah, dari aktivitas sederhana seperti di atas, walaupun terkesan sepele, bisa memperlancar sirkulasi darahmu, lho. Plus tidak membuat otot-ototmu tegang.

Kamu malu olahraga ringan di kantor? Abaikan! Mulailah dari dirimu sendiri, maka teman-temanmu akan mengikuti. Bukankah hal bermanfaat itu pantas untuk dibagi? Selamat hidup sehat, guys!

sumber:https://www.brilio.net/life/5-olahraga-yang-bisa-dilakukan-di-kantor-olahraga-di-kantor-150527w.html