Olahraga menjadi salah satu aspek penting dalam menajaga kesehatan tubuh manusia. Aakan tetapi, masih banyak yang tidak peduli dengan hal tersebut. Ada yang beralasan malas atau ada juga yang beralasan tidak memiliki waktu karena sibuk dalam pekerjaan. Memang, bisa saja Anda adalah seorang yang sibuk akan tetapi bukankah Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh Anda? Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga Anda dapat membakar kalori Anda. Tidak semua orang mengetahui berapa kadar kalori yang sudah dimakannya sehingga muncullah berbagai penyakit yang disebabkan kebanyakan mengkonsumsi makanan namun tidak seimbang. Salah satu akibatnya adalah diabetes.

Diabetes tentunya sangat dijauhi oleh setiap orang. Apalagi jika ada kaitannya dengan kolesterol yang umumnya menyerang seorang dewasa. Anda sebenarnya bisa mengkonsumsi makanan apa saja asalkan dengan kadar yang seimbang. Jika Anda tidak dapat mengontrol keinginan Anda yang tinggi tersebut untuk makan, kontrollah dengan cara berolahraga. Namun, bagi sebagian orang yakni orang yang bertubuh gemuk, tentunya memiliki kesulitan tersendiri. Karena berat badannya, mereka tidak bisa melakukan beberapa olaharaga yang dilakukan oleh orang bertubuh normal. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai macam-macam Olahraga untuk Pria Gemuk

1. Aerobik

Aerobik yang dapat dilakukan oleh orang gemuk bisa mengunakan peralatan fitness atau bahkan di kolam renang di rumah Anda. Perlu untuk Anda ketahui bahwa manfaat dari melakukan aerobic sangat baik bagi kesehatan jantung Anda. Bagi seseornag yang gemuk, melakukan aerobic di air dapat mengurangi resiko terjadinya sakit pada bagian sendi. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk segera melakukan olahraga yang satu ini.

2. Latihan Bola

Latihan bola tentu sangat sering terlihat di kalangan masyarakat. Latihan bola ini sangat bermanfaat bagi seseornang yang bertubuh gemuk. Kegemukan memang menjadi masalah besar bagi banyak orang, baik itu bagi penampilannya maupun kesehatannya. Oleh karena itu, belilah bola laihan agar Anda bisa mempraktekkannya di rumah. Anda dalam melakukan aktifitas sit up dengan bola latihan tersebut. Tentu, hal tersebut sangat membantu Anda mengingat sit up normal akan sangat menyakitkan bagi Anda.

3. Senam Ringan

Senam ringan juga ternyata sangat disarankan bagi Anda yang memiliki berat badan berlebihan. Senam ringan sangat membantu Anda karena pada senam ringan, pada dasarnya memiliki gerakan yang cukup sederhana. Lompatan yang tinggi juga tentunya tidak Anda temukan pada senam ringan, mengingat gerakan melompat memang sangat berbahaya bagi Anda yang bertubuh gemuk. Selain lompatan, juga hentakan kiranya Anda hindari juga untuk memperkecil resiko terjadinya cidera.

4. Latihan Fungsional

Olahraga keempat yang disarankan untuk Anda yang bertubuh gemuk adalah latihan fungsional. Latihan fungsional sendiri adalah gerakan yang dapat menguatkan otot-otot tertentu yang berkaitan dengan anggota tubuh yang Anda gunakan. Latihan fungsional dapat diterapkan pada bagian kaki. Pertama-tama, duduklah di atas kursi dengan cara yang biasa Anda lakukan. Setelah itu, bangkitlah. Pada latihan fungsional, Anda disarankan untuk melakukan gerakan tersebut berulang. Otot paha Anda tentunya akan ikut terlatih juga disamping keseimbangan tubuh Anda yang akan ditingkatkan melalui latihan ini.

5. Berjalan

Berjalan kaki tentunya sudah sangat sering terjadi. Biasanya oang-orang memutuskan untuk berjalan kaki karena memang jarak asal dan jarak tujuan tidak terlampau jauh sehingga mereka enggan untuk membayar transportasi untuk itu. Akan tetpi, tahukah Anda bahwa berjalan juga sangat bagik bagi Anda yang bertubuh gemuk? Tentunya berjalan akan sedikit melelahkan Anda. Kelelahan itu tentunya akan menghasilkan keringat pada tubuh Anda sehingga dengan kata lain Anda juga telah membakar lemak atau kalori di dalam tubuh Anda.

6. Berenang

Berenang adalah olahraga keenam yang disarankan untuk Anda yang gemuk. Biasanya cidera saat melakukan olahraga renang sangat umum ditemukan pada orang norma. Akan tetapi, pada orang gemuk, olahraga ini sangat aman sehingga sangat disarankan untuk Anda. Anda dapat memulainya sekarang lalu dengan rutin melakukannya yakni sekalidalam seminggu. Otot kaki dan paha Anda juga tentunya dapat terlatih dengan berenang.

7. Sepeda Statis

Sepeda statis kerap ditemukan di berbagai tempat berolahraga. Sepeda statis adalah sepeda yang digunakan dengan cara yang biasa namun sepeda tersebut tidak akan berpindah tempat. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kegemukan, Anda dapat mencoba sepeda statis sebagai alternative kesehatan Anda. Memang, harus diakui bahwa mungkin melakukan olahraga yang satu ini, Anda akan sedikit merasa kesal dan berkecil hati. Akan tetapi, teruslah berusaha hingga Anda terbiasa.

8. Angkat Beban

Olahraga angkat beban adalah olahraga ke delapan yang direkomandasikan untuk orang gemuk. Seperti namanya, Anda tentunya harus menyiapkan beban yang ingin angkat terlebih dahulu. Akan tetapi, perlu untuk Anda ketahui bahwa beban yang Anda angkat sebaiknya adalah beban yang beratnya normal dan tidak terlampau berat. Hal ini karena mengingat kemampuan Anda dalam mengangkat beban yang sangat berat sangat beresiko bagi keselamatan Anda. Lakukanlah dengan rutin setiap minggunya dengan melakukan 2 kali latihan.

9. Boxing

Boxing adalah olahraga tinju yang sangat baik bagi Anda yang bertubuh gemuk. Tentunya, Anda tidak memerlukan peraturan sebagaimana yang terdapat pada ring tinju karena yang Anda hadapi tentulah bukanlah orang. Pergunakanlah pelindung jari Anda agar tidak mengalami cidera karena benturan keras. Berikanlah tenaga Anda yang paling kuat ketika Anda meninju objek yang ada. Hal ini juga dapat membakar kalori Anda.

10. Menggerakan Tangan

Gerakan tangan yang sederhana juga tentunya membantu And ayang bertubuh gemuk untuk membakar kalori. Gerakan tangan yang acak tersebut dapat Anda lakukan dengan versi Anda sendiri asal tetap mengandung isi keselamatan bagi Anda. Jangan lupa untuk menggerakkan tubuh Anda yang lainnya. Gerakan tangan dapat Anda lakukan dengan posisi duduk.

11. Gerakan Kaki

Selain gerakan tangan, gerakan kaki tentunya dapat menjadi alternative bagi Anda. Gerakan kaki sendiri juga sangat sederhana seperti gerakan tangan. Posisi awal saat melakukan gerakan kaki adalah telentang. Kemudian, angkatlah kaki Anda dan turunkan. Latihan ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan Anda walaupun terbilang sangat sederhana. Selain itu juga dapat membantu otot paha dalam berkontraksi.

Demikian informasi mengenai olahraga untuk pria gemuk. Dengan artikel ini, diharapkan mampu memberikan Anda informasi lebih dan membantu Anda dalam mengatasi kegemukan pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber:https://klubpria.com/olahraga-untuk-pria-gemuk