Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, para ahli merekomendasikan 30 menit olahraga per hari sebanyak lima kali seminggu.
Jika Anda sedang dalam usaha untuk menurunkan berat badan, maka waktu yang direkomendasikan untuk berolahraga ialah 50 sampai 60 menit sehari, lima sampai enam kali seminggu untuk mewujudkan berat badan ideal.
Namun nyatanya, meluangkan waktu sebanyak 50-60 menit sehari tak semudah yang dibayangkan. Pagi Anda sudah dipenuhi dengan rutinitas, malam pun kerap dipadatkan dengan aktivitas.
Untuk itu, ahli kebugaran Kisa Raye sekaligus pemilik Three C Fitness menyarankan Anda untuk melakukan olahraga sebanyak 2 kali sehari, masing-masing berlangsung selama 15-30 menit.
“Olahraga sebanyak dua kali sehari terdengar terlalu ambisius, namun nyatanya itu malah memudahkan. Walau begitu Anda tetap perlu memiliki rambu-rambu agar tubuh tak kelelahan,” jelas Raye.
Anda bisa memilih untuk berlari selama 20 menit di pagi hari dan mengambil kelas yoga di malam hari.
Namun, saat Anda memilih untuk melakukan olahraga yang membutuhkan kekuatan otot maka targetkan hanya sekali sehari, tidak melakukannya di pagi dan malam hari sekaligus. Itu tidak hanya menyebabkan ketidakseimbangan otot yang menimbulkan rasa sakit atau cedera, tetapi Anda bisa cepat merasa bosan.
Jika olahraga dua kali sehari ingin Anda lakukan secara rutin, sebaiknya lakukan selama 30 menit per sesi dengan menggabungkan antara cardio dan olahraga ringan.
“Perlu diingat bahwa berolahraga dua kali dalam satu hari akan membakar lebih banyak kalori, sehingga bekali tubuh dengan cukup protein dan karbohidrat yang sehat. Dan bila selama dua kali sesi latihan Anda tidak merasakan efek negatif pada kesehatan, seperti ritme tidur atau suasana hati, maka tidak ada yang salah dengan berkeringat lebih sering dalam sehari,” lanjut Raye.
Bila Anda sukses melakukannya secara rutin, tanpa terasa tubuh Anda akan menemukan berat badan idealnya, membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, serta membantu dalam mencegah berbagai penyakit, seperti flu.
Selain itu, endorfin yang dihasilkan selama olahraga akan menciptakan suasana hati yang bahagia dan meningkatkan energi.
sumber:https://lifestyle.kompas.com/read/2015/12/27/191100823/Bolehkah.Olahraga.2.Kali.Sehari.
Ada yang bisa dibantu?