Ibu hamil cenderung takut untuk melakukan olahraga. Padahal jika Anda bisa memilih olahraga yang tepat dan dilakukan dengan cara yang benar, maka olahraga untuk ibu hamil ini akan sangat bermanfaat bagi kelancaran pada saat melahirkan. Berikut 5 olahraga untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan.

1. Yoga

Olahraga yoga memang terkenal baik untuk mengatur pernapasan dan merilekskan otot-otot tubuh. Manfaat dari olahraga yoga juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Lakukan dengan gerakan yang sederhana dan dalam durasi yang tidak terlalu lama. Dengan rutin melakukan olahraga ini, ibu akan lebih rileks dan ini sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan janin.

2. Berenang

Berenang memang olahraga ringan yang menyenangkan. Berenang adalah salah satu olahraga untuk ibu hamil. Karena manfaatnya yang banyak antara lain untuk melatih otot dan menjaga kesehatan jantung. Sehingga tubuh lebih siap untuk menghadapi persalinan. Lakukanlah ketika kehamilan menginjak masa 7 bulan ke atas.

Ibu hamil dianjurkan berenang dalam posisi telentang selama kurang lebih 15 menit. Berenanglah 2 kali dalam seminggu. Setelah berenang, minumlah segelas air putih untuk mengganti cairan tubuh. Santai saja ya berenangnya, agar aman bagi janin.

3. Senam jongkok

Senam jongkok dilakukan pada masa tua kehamilan. Olahraga ini berfungsi untuk melatih otot paha dan panggul. Serta dapat memperlancar proses melahirkan.

Pertama-tama, luruskan punggung dan taruh kedua tangan di pinggang. Jongkok dengan perlahan dan tahan 8 detik. Ulang beberapa kali semampunya.

4. Jalan santai

Olahraga untuk ibu hamil lainnya adalah jalan santai. Lakukan dengan rutin 15 menit setiap harinya. Sebaiknya lakukan jika kehamilan sudah memasuki usia 7 bulan. Jalan santai juga mempunyai manfaat bagi kekuatan janin serta mengurangi kaki bengkak menjelang persalinan.

5. Gerakan otot

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh melakukan gerakan otot? Boleh kok. Asal bebannya jangan terlalu berat dan dilakukan dengan durasi yang pas. Contohnya angkat barbell sederhana dengan berat sekitar 0,5 kg. Gerakan otot boleh dilakukan ketika kandungan sudah mencapai 7 bulan ke atas.

Itu dia 5 olahraga untuk ibu hamil. Hamil bukan berarti tidak boleh melakukan apa-apa ya. Lakukanlah olahraga ringan yang Anda sukai dan lakukan dengan tepat.

sumber:https://www.idntimes.com/health/fitness/desy-la/hamil-jangan-takut-gerak-ini-5-olahraga-yang-pas-untuk-ibu-hamil-c1c2/full