Perut buncit pada pria ataupun wanita tentu akan mengurangi penampilan individu tersebut, apalagi ukurannya sudah terlalu besar. Tidak hanya menyusahkan saat hendak menggunakan pakaian, perut buncit ternyata juga bisa menimbulkan berbagai risiko penyakit serius bahkan hingga kematian. Karena itu, jika Anda sudah mengalami kebuncitan di bagian perut, harusnya Anda sudah mulai mencari cara mengecilkan perut bucit yang efektif agar timbunan lemak di perut Anda bisa hilang. Salah satu caranya adalah dengan olahraga mengecilkan perut buncit, cara yang efektif dan bisa Anda lakukan dimana saja.

Perut buncit disebabkan oleh tumpukan lemak yang berasal dari karbohidrat, kolesterol serta lemak tinggi yang kita konsumsi sehari-hari, jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup tentu akan mengakibatkan bertambahnya berat badan. Naiknya berat badan disebabkan oleh penumpukan lemak, dan salah satu area favorit untuk lemak adalah perut, inilah yang menyebabkan perut membesar atau buncit.

Risiko Perut Buncit Bagi Kesehatan

Sebelum membahas mengenai olahraga mengecilkan perut, mari kita ketahui dulu risiko apa saja yang mengancam mereka yang memiliki perut buncit.

Risiko Kematian Lebih Tinggi

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, individu dengan perut buncit cenderung memiliki risiko kematian lebih tinggi, bahkan dibandingkan dengan individu yang mengalami obesitas. Hal ini kuatkan dengan hasil penelitian baru-baru ini yang mengatakan bahwa individu dengan obesitas biasa memiliki risiko kematian lebih rendah dibanding dengan individu dengan obesitas sentral (perut buncit).

Perut Buncit Tetap Berbahaya Meskipun Memiliki IMT Normal

Suatu penelitian menunjukan bahwa perempuan dengan perut buncit meningkatkan risiko kemarian lebih cepat, meskipun ia memiliki IMT (Indeks Massa Tubuh) normal dan tidak mengalami obesitas.

Berisiko Terhadap Penyakit Kronis

Akibat penumpukan lemak di daerah dekat organ vital tubuh di sekitar perut dapat memicu kerusakan sebagai dampak inflamasi pada bagian dalam. Hal ini yang menjadikan individu dengan perut buncit rentan terhadap penyakit kronis.

Lebih Berisiko Menyebabkan Penimbunan Lemak

Sebuah penelitian menunjukan lansia dengan perut buncit meningkatkan risiko mengalami arterosklerosis. Arterosklerosis adalah penebalan dan penyempitan arteri akibat penumpukan plak pada dinding arteri.

Olahraga Mengecilkan Perut

Dari beberapa risiko berbahaya memiliki perut buncit di atas, tentu kita tidak ingin mengalaminya. Salah satu satu yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan tumpukan lemak di perut adalah dengan cara berolahraga secara rutin. Nah berikut ini olahraga mengecilkan perut buncit pria maupun wanita.

Crunches

Olahraga ini menjadi nomor satu karena termasuk yang paling efektif untuk membakar lemak di sekitar perut.

  1. Berbaring di atas matras dengan keadaan kaki ditekuk membentuk sudut 90 derajat.
  2. Angkat tangan dan letakkan di belakang kepala Anda.
  3. Tarik nafas dalam-dalam, dan saat mengangkat tubuh keatas hembuskan nafas Anda.
  4. Tarik nafas lagi saat hendak turun ke lantai.
  5. Lakukan beberapa kali dan rutin.

Twist Crunches

Setelah Anda terbiasa dengan gerakan crunches di atas, Anda bisa melakukan gerakan yang lebih variatif sebagai menu tambahan agar dapat mengurangi lemak perut Anda lebih banyak lagi.

  1. Berbaring di atas matras dengan kedua tangan di belakang kepala.
  2. Tekuk lutut Anda sampai membentuk sudut 90 derajat, dan jaga telapak kaki Anda agar tetap menempel di lantai.
  3. Angkat tubuh Anda seperti crunches biasa, tapi angkat bahu kanan Anda kekiri dan sebaliknya.
  4. Lakukan secara bergantian dengan benar.
  5. Jika bisa ulangi sebanyak 10 kali untuk pertama kali.

Vertical Leg Crunches

Masih menggunakan gerakan utama crunches, yang membedakan pada latihan ini hanyalah kaki yang diangkat lurus vertical ke atas.

  1. Berbaring di atas matras dengan kaki mengarah ke atas pastikan lurus.
  2. Sekarang posisikan tubuh Anda dengan sempurna, hirup nafas dalam-dalam kemudian hembuskan saat Anda mengangkat badan ke atas.
  3. Lakukan nafas seirama dengan gerakan crunches yang Anda lakukan, saat Anda menurunkan tubuh, hirup nafas, dan buang saat Anda naik.

Ulangi gerakan ini dengan benar dan pelan-pelan saja, simak juga video cara melakukan vertical leg crunches di bawah ini agar tidak terjadi cidera karena salah gerakan.

Lunge Twist

Latihan ini tepat dilakukan untuk pemula yang ingin mulai membakar lemak disekitar perut. Untuk melakukan latihan ini mungkin Anda perlu beban untuk dipegang, jika tidak memiliki barbel di rumah Anda bisa menggunakan botol air mineral yang sudah diisi air sebagai alternatif.

Meski gerakannya terlihat sederhana, namun jika dilakukan dengan benar dan rutin tetap akan memberikan efek positif untuk tubuh Anda.

Rolling Plank

Selain dapat mengurangi lemak di sekitar perut, latihan ini juga dapat melatih otot-otot disekitar perut, pinggu dan punggung bawah. Latihan ini memiliki beberapa variasi yang bisa Anda coba satu persatu, untuk penjelasan yang lebih jelas kami akan berikan beberapa video rolling plank dengan beberapa variasinya untuk Anda.

Latihan Kardio untuk Mengecilkan Perut

Kardio merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengecilkan perut Anda serta membuang segala cairan yang tidak diperlukan tubuh. Melakukan kardio secara teratur dapat membantu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan lain seperti mengurangi stres, meningkatkan kapasitas pernapasan paru-paru dan tidur yang lebih baik.

sumber:www.desakabut.com

Hubungi Kami
Ada yang bisa dibantu?