Perbedaan treadmill manual dan elektrik. Penting untuk mengetahui perbedaan keduanya sebelum Anda memilih salah satunya. Yakni, treadmill manual dan treadmil elektrik. Anda bisa memilih salah satu dari keduanya atau ingin menggunakan semuanya. Ya, sepenuhnya terserah Anda.

Sebelum memilih teradmill mana yang ingin Anda gunakan, ada baiknya di sini lebih dahulu dipaparkan tentang pengertian dan perbedaan dari masing-masing jenis treadmill ini. Yaitu, apa perbedaan treadmill manual dan elektrik.Treadmill Manual adalah alat olahraga (treadmill) yang bisa Anda gunakan untuk berjalan ataupun berlari tanpa menggunakan mesin / motor listrik. Karena tidak menggunakan listrik, tentu saja Anda tidak perlu menambah atau mencari colokan listrik.

Tetapi, seperti treadmill elektrik, treadmill manual juga dilengkapi dengan monitor display dengan tombol pengatur kecepatan treadmill, detak jantung, jarak tempuh, waktu pemakaian, kalori yang terbakar, dsb.

Treadmill manual terdiri dari beberapa tipe. Yaitu, tipe 1 fungsi, 2 fungsi, 3 fungsi, 4 fungsi, 5 fungsi, dan seterusnya.

Untuk alat olahraga treadmill dengan 6 fungsi, yaitu:

  1. fungsi treadmill untuk melatih otot kaki dan otot jantung
  2. stepper untuk melatih otot bokong, kaki, paha dan otot betis
  3. twister untuk melatih otot pinggang dan membuat pinggang Anda ramping
  4. belt trainer untuk membakar lemak di perut, pinggang, dan bokong
  5. upsh up
  6. rope trainer
Selain itu, treadmill elektrik dilengkapi dengan fitur pemutar musik, pengatur ketinggian, dan pengatur kecepatan.
Treadmill elektrik tidak menggunakan sistem grafitasi karena dilengkapi dengan motor penggerak. Ini berbeda dengan treadmill manual yang tanpa motor penggerak.

Pertanyaan selanjutnya, alat olahraga treadmill mana yang lebih menguntungkan? Treadmill manual atau elektrik?

Ya, tergantung pada dana yang tersedia dan tujuan membeli treadmill. Jika dana terbatas, Anda bisa memilih treadmill manual. Toh, kualitas olahraga Anda lebih tinggi dengan menggunakan treadmill manual jika Anda berkehendak seperti itu.

Sebab, intensitas berolahraga dengan treadmill manual tergantung pada Anda. Apakah Anda berlari dengan kencang, sedang atau tidak kencang. Atau hanya jalan saja.

Selain itu, seperti disinggung di atas, teradmill manual memiliki beberapa tipe. Ada bertipe 1 fungsi, 2 fungsi, 3 fungsi, dan seterusnya. Ini membuat Anda punya banyak pilihan sesuai dengan tujuan Anda berolahraga menggunakan treadmill.

Tetapi, jika Anda ingin kenyamanan, ya pilih treadmill elektrik. Artinya, dana Anda cukup dan ingin memilih treadmill yang terbaik.

Jika pertimbangan utama adalah kenyamanan, ya pilihlah alat olahraga treadmill elektrik. Kenyamanan akan membuat Anda lebih sehat dan lebih produktif. Ini justru lebih bernilai dan mungkin bisa menjadi tujuan utama dari penggunaan treadmill.

Dari segi bahan, kualitas treadmill elektrik lebih tinggi. Maklum, harga treadmill elektrik juga lebih mahal. Jadi, layak jika produk ini dibuat dengan menggunakan bahan kuat dan tahan lama.

Demikian artikel mengenai perbedaan treadmill manual dan elektrik. Lalu, mana yang terbaik antara keduanya? Treadmill mana yang harus Anda pilih? Mana yang lebih menguntungkan dan lebih cocok untuk Anda?

sumber:www.sehatfisik.com