Setiap gerakan olahraga memiliki tujuan masing – masing. Contohnya, olahraga cardio untuk melatih jantung, mengangkat beban guna memperbesar otot lengan dan jenis latihan lainnya. Namun, apakah olahraga perut hanya bermanfaat melatih otot perut saja?

Melansir ulang informasi oleh fitday.com, perut memegang peranan vital bagi tubuh. Hal itu didasarkan pada letak perut yang berada tepat di tengah tubuh setiap orang. Dengan kata lain, perut menjadi center atau titik tengah keseimbangan tubuh setiap orang.

Fakta tersebut dapat dilihat pada fenomena kehamilan. Seorang wanita dengan perut yang kian membesar cenderung berjalan sempoyongan, bahkan tak jarang terpeleset akibat tidak seimbang.

Namun selain itu, ada beberapa manfaat olahraga perut yang perlu diketahui. Apa saja kira – kira?

1. Menjaga kestabilan tubuh

Kekuatan seseorang berpusat pada bagian tengah tubuh alias perut. Latihan yang baik akan berdampak pada otot pinggul, badan, dan dada yang semakin kuat. Dengan otot pada bagian tersebut terlatih, gerak tubuh semakin mudah.

2. Memperbaiki postur

Selain stabil, otot yang terlatih tadi akan terlihat lebih bagus. Dengan begitu, postur tubuh seseorang pun otomatis menunjukkan perubahan membaik.

3. Memperbaiki keseimbangan

Apabila otot perut tidak terlatih, resiko nyeri di bagian punggung semakin tinggi. Oleh karena itu perlu adanya olahraga perut yang dapat menyeimbangkan fungsi setiap otot penyangga.

Nah, semakin paham kan manfaat latihan yang selama ini anda lakukan?

sumber:https://www.fimela.com/beauty-health/read/3835400/apa-sih-manfaat-olahraga-perut-bagi-tubuh